englinesian

Your Partner in Learning Bahasa Indonesia

Keberagaman Masyarakat Indonesia

Howdy, Englinesians? I present a passage entitled Keberagaman Masyarakat Indonesia especially for you. The level of this passage is beginner to intermediate. If this passage is translated into English, the English tittle will be Diversity of Indonesians. Let's learn bahasa Indonesia.


Masyarakat Indonesia beragam dalam banyak hal. Kami memiliki ratusan bahasa daerah. Kami hidup berdampingan dalam lebih dari 1.300 suku dan etnik. Kami juga hidup dalam keberagaman kepercayaan dan agama. Terdapat 6 agama yang secara resmi diakui di Indonesia; yakni, Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Selain itu, banyak kepercayaan lain yang eksis di Indonesia.

Meskipun negara kami dihuni oleh masyarakat yang beragam, namun disini kami hidup rukun dan damai. Kami tidak pernah mempermasalahkan perbedaan karena perbedaan dan keberagaman adalah identitas bangsa kami. Kami memegang teguh prinsip bahwa perbedaan seyogianya merupakan kekayaan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. "Bhinneka Tunggal Ika", yang berarti 'berbeda-beda tapi satu', terpatri dalam jiwa kami semua, masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia sangat menghargai keberagaman. Masyarakat Indonesia tahu jelas bahwa keberagaman yang kami miliki merupakan aset bangsa kami yang telah kami pelihara selama bertahun-tahun lamanya, dan akan kami jaga untuk selama-lamanya. Buktinya, sejak zaman perjuangan kemerdekaan, masyarakat Indonesia telah berhasil mempersatukan perbedaan dan keberagaman yang ada; mulai dari suku, etnik, bahasa, dan kepercayaan. Kemerdekaan kami raih dengan perjuangan. Perjuangan tidak akan ada tanpa persatuan. Persatuan tidak diperlukan jika tidak ada keberagaman. Oleh karena itu, sila ketiga dari Pancasila berbunyi "Persatuan Indonesia".

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi negeri kami, Anda akan terpukau dengan cara kami memelihara keberagaman. Tidak sulit menemukan perbedaan diantara kami. Hal tersebut dengan sangat mudah dapat diidentifikasi. Jika suatu saat nanti Anda mengunjungi Indonesia, kabarkan dan ceritakan pada dunia bagaimana kami hidup bahagia dalam keberagaman.


How's the passage, Englinesians? Could you catch the meaning of each sentence in the passage? If yes, you rock!!!